Jemaat Semakin Sedikit, Gereja di Tacoma AS akan Dijual atau Dihancurkan

TACOMA (salam-online.com): First Congregational Church, merupakan salah satu rumah ibadah tertua dan paling bersejarah  di Tacoma AS. Gereja ini telah berdiri sejak 104 tahun silam.

Namun warisan lama ini segera berakhir. Gereja saat ini akan disiapkan untuk dijual dalam dua minggu ke depan dan bisa juga dibongkar. Jemaat gereja dilaporkan tidak mampu lagi untuk mengoperasikan dan memelihara gereja bergaya Gothik ini.

“Kami sangat bersedia untuk menjual dan siap melakukan pembongkaran,” kata Phillip Blackledge, Ketua Dewan Pengawas Gereja.

Gereja ini akan bernasib sama dengan gereja lain yang berdiri dua blok dari lokasi gereja Tacoma. Sebelumnya gereja metodis berusia 90-tahun telah dihancurkan pada tahun 2007.

Gereja tua ini akan dijual dengan harga 1.9 juta dolar.

Baca Juga

Biasanya sekitar 40 orang menghadiri kebaktian di pagi hari Minggu di gereja yang berkapasitas 500 kursi ini. “Ini tidak realistis untuk mengharapkan 40 orang  membayar untuk sebuah bangunan sebesar ini,” kata Blackledge.

Arsitek lokal Gerald Eysaman, yang telah mempelajari dan memimpin tur gereja bersejarah Tacoma, mengatakan, bangunan gereja memiliki arsitektur yang menakjubkan.

Dia mengatakan, menghancurkan gereja lain dalam kota akan menjadi “sebuah komentar menyedihkan” atas hilangnya sebuah simbol agama terorganisir di lingkungan perkotaan.

“Ini akan menjadi kerugian besar,” tambahnya. (fq/bellinghamherald/eramuslim/salam-online.com).

 

Baca Juga