FPI Turunkan Laskar Bantu Korban Kebakaran di Jakarta

JAKARTA (salam-online.com): Meski dikenal sebagai organisasi yang keras melawan maksiat, Front Pembela Islam (FPI) ikut menurunkan laskarnya untuk urusan kemanusiaan. Beberapa saat lalu, FPI ikut sibuk dalam menangani tragedi kebakaran yang terjadi di beberapa titik di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Mulai dari Tambora, Benhil, Jatinegara, Cipinang dan di sini (pondok bambu), FPI sudah membuka posko kemanusiaan,” jelas Maman Suryadi, Panglima Besar Laskar FPI kepada hidayatullah.com, Jum’at (24/8/2012) dini hari.

Menurut Maman, kondisi kebakaran yang sangat memprihatinkan, membuat organisasi ini ikut ambil bagian. Pasalnya saat terjadi kebakaran masyarakat masih dalam kondisi lebaran dan sebagian masih mudik.

Menurut Maman, kebanyakan rumah yang menjadi santapan si jago merah sendiri tidak berpenghuni. Walau begitu warga tetap sigap bahu membahu bersama laskar FPI menjinakkan si Jago Merah hingga datangnya petugas pemadam kebakaran.

“Alhamdulillah, berhubung banyak anggota FPI orang asli Jakarta, jadi semua bisa cepat dan tanggap untuk memberikan respon pertolongan pertama,” jelas Maman saat ditemui di Posko FPI Pondok Bambu Jakarta Timur.

Baca Juga

Selain bantuan sandang dan pangan, FPI juga menugaskan laskarnya untuk membantu keamanan setempat. Adapun bantuan kemanusiaan selain datang dari anggota dan simpatisan FPI, juga datang dari masyarakat sekitar.

Sebagian bantuan ada yang dikoordinir dari DPP FPI di Petamburan Jakarta Barat lalu disalurkan ke posko-posko kemanusiaan tersebut.

Selain itu masyarakat juga ada yang menyalurkan bantuan langsung ke posko di tempat bencana kebakaran seperti posko di Pondok Bambu Jakarta Timur. (hidayatullah.com)

Baca Juga