MUI Berencana Filmkan Buya Hamka

Buya HAMKA-2-jpeg.image
Prof Dr Buya Hamka

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana membuat film yang menceritakan kisah hidup Prof Dr Buya Hamka. Buya Hamka dikenal sebagai tokoh ulama kharismatik yang pernah memimpin Majelis Ulama Indonesia.

Ketua MUI Bidang Seni dan Budaya KH A Cholil Ridwan mengatakan, pihaknya sedang mendorong produser untuk memproduksi film mengenai ketua umum MUI pertama itu. Terkait rencana ini, menurut Kiai Cholil, MUI juga telah bertemu dengan keluarga Buya Hamka.

“Keluarga besar Buya Hamka gembira dan bersyukur mendengar akan adanya film Buya Hamka tersebut,” ungkap Kiai Cholil di Gedung MUI, Jakarta, Selasa (25/3), seperti dikutip Republika Online.

Tentu saja, sambung Kiai Cholil, MUI tidak membuat film tokoh ulama yang juga dikenal sebagai penulis novel ini sendiri. MUI berperan sebagai pemilik ide, merencanakan, membentuk tim, mencari produser yang layak, mencari sponsor, investor, dan sutradara.

Baca Juga

Menurut pengasuh ponpes Husnayain di Jakarta Timur ini, banyak sisi dari kehidupan Buya Hamka yang bisa diangkat sebagai sebuah film. Dia dikenal luas sebagai pujangga, ulama, tokoh politik, dan pengusaha.

”Tapi, MUI berharap, film tersebut lebih menonjolkan Hamka sebagai seorang ulama,” ujar Kiai Cholil menambahkan. (RoL)

salam-online

Baca Juga