Abu Khurayra Al-Kazakh, Mujahid Muda Asal Kazakhstan yang Gugur di Suriah

Suriah-Abu Khurayra Al-Kazakh-2-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Abu Khurayra Al-Kazakh adalah seorang Mujahid muda asal Kazakhstan yang turut berjihad melawan rezim Nushairiyah di Suriah bersama Jaish Al-Muhajirin wal Anshar.

Suriah-Abu Khurayra Al-Kazakh-1-jpeg.image
Abu Khurayra Al-Kazakh

Berita syahidnya (insya Allah) Abu Khurayra datang bersamaan dengan kabar syahidnya (semoga) dua Mujahidin lainnya yang berasal dari Tajikistan dan Dagestan. Mereka dilaporkan gugur baru-baru ini saat ambil bagian dalam jihad di Suriah, demikian menurut Akhbar Sham, sebuah situs web berbahasa Rusia yang mendukung Jaish Al-Muhajirin wal Anshar, kelompok Mujahidin asing yang dipimpin oleh komandan dari Kaukasus.

Akhbar Sham melaporkan bahwa Abu Khurayra Al-Kazakh, Abu Ahmad Al-Tajik dan Ismail Al-Dagestan telah syahid, in syaa Allah, di Suriah, namun tanggal tepat gugurnya mereka tidak diungkapkan. Ketiganya dikabarkan berjuang bersama Jaish Muhajirin wal Anshar; Abu Ahmad Al-Tajik bertempur di Brigade Imarah Kaukasus.

Di antara ketiga Mujahidin tersebut, Abu Khurayra adalah mujjahid yang termuda. Kavkaz Center melaporkan bahwa dia baru berusia sekitar 19 tahun.

Sejak hari pertama berjihad, dia sudah terlihat (nyaman) seperti berada di rumah sendiri di tengah-tengah kelompok jihadnya.

Dia adalah salah satu dari Mujahidin yang, selain masih muda, juga memiliki kharisma.

Suriah-Abu Khurayra Al-Kazakh-5-jpeg.imageMelihat perilakunya dan mendengarkan dia berbicara, sepertinya sulit bagi kita untuk bisa membayangkan bahwa kita mungkin akan berdebat dengan dia.

Ceria, cerdas, dia suka ria bergabung dalam percakapan rekan-rekan Mujahidinnya, dalam diskusi-diskusi, tapi tetap lembut dan santun, tanpa melelahkan dirinya sendiri atau teman-temannya.

Baca Juga

Suriah-Abu Khurayra Al-Kazakh-3-jpeg.imageDia hampir tidak menceritakan apa-apa tentang dirinya, seperti yang biasanya dilakukan oleh mayoritas Mujahidin lainnya.

Salah seorang Mujahid yang lebih senior sedikit usil menggodanya:

Suriah-Abu Khurayra Al-Kazakh-4-jpeg.image“Nah, anak padang rumput Kazakh, mari kita cari tahu namamu. Kau mau aku menyebut tiga nama untuk menebak namamu? Apakah kau Zhumabay? Bukan? Baiklah, itu berarti kau adalah Tuligen atau Serik.”

“Bukan,” jawabnya sambil tersenyum. “Namaku Abu Khurayra.”

suriah-Abu Khurayra al Kazakh, Abu Ahmad al Tajik, and Ismail al Dagestani-jpeg.image
Abu Khurayra Al-Kazakh, Abu Ahmad Al-Tajik dan Ismail Al-Dagestani

Itu saja yang bisa diketahui tentang dia. Sebuah perjalanan hidup yang cukup singkat, namun Mujahid muda ini meninggalkan jejak yang begitu benderang di hati rekan-rekan seperjuangannya, selamanya. (banan/arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga