“Ketika Islam Didiskreditkan, Apa yang Bisa Kita Lakukan?”

Maman Suherman-penulis buku Bokis & Matahati-2-jpeg.image
Maman Suherman

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Ketika Islam dan umat Islam mendapat perlakukan buruk, didiskreditkan, dan warganya seolah menjadi warga kelas dua di negerinya sendiri, apa yang bisa kita lakukan?

Derasnya aliran pemikiran termasuk paham liberalisme di tengah-tengah kita, sekali lagi apa yang bisa kita lakukan? Semua itu tak akan ada solusinya manakala kita hanya menjadi umat penggerutu.  Kini saatnya bergerak. Kejahatan, ketidak-adilan bahkan paham sesat bernama liberalisme dan lainnya setidaknya bisa dilawan dengan pemikiran, misalnya dengan senjata bernama ‘Tulisan’.

Demikian paparan yang disampaikan penulis buku ‘Bokis’ dan ‘Matahati’, Maman Suherman di depan jamaah MY Night (Muslim Youth Night) Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA), Sabtu (29/3), di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Maman Suherman mengatakan, sebuah perubahan besar bisa dimulai dengan berbagai tulisan yang dibuat oleh umat Islam.

“Anda adalah jurnalis. Anda punya Twitter. Apa yang Anda kabarkan, munculkan saja. Anda sedih dengan nasib orang Rohingya, Mesir, Tweet aja langsung. Lihat polisi terima amplop, munculkan saja! Liput, rekam, munculkan di Twitter! Anda sudah jadi jurnalis warga, Citizen Journalism,” ujar mentor Stand-Up Comedy di Kompas TV itu.

Alumnus jurusan Kriminologi FISIP-UI ini tidak setuju jika wartawan dianggap pembuka aib orang.

“Buat saya, bukan persoalan membuka aib. Tapi membiarkan itu, justru lebih bahaya,” tandasnya.

Maman mengatakan, hal paling berbahaya sesungguhnya bukan orang jahat yang berbuat jahat, melainkan orang baik yang diam melihat kejahatan.

Baca Juga

“Bagi saya itu sejalan dengan ajaran Islam, minazh-zhulumaati ilaan-nuur. Habis gelap terbitlah terang,” ungkapnya mengutip salah satu ayat dalam Al-Qur’an.

Ada banyak fakta di lapangan menunjukkan hidayah itu belum diterima oleh sebagian besar umat Islam. Ia pernah bertemu dengan sekelompok anak usia SD. Mereka tinggal di sebuah kawasan lokalisasi di Jakarta Utara.

“Saya tanya, cita-citanya apa? Mereka jawab, kalau yang perempuan ingin menjadi Zaskia Gotik sedangkan yang laki-laki ingin menjadi Olga Syahputra,” ungkap penggagas acara Mata Hati di Kompas TV itu dengan nada prihatin.

Ketika Maman menelisik lebih jauh, mengapa mereka ingin menjadi Olga? Jawaban sederhana yang lebih membuat Maman terperanjat. “Karena kata infotainmen, gaji Olga sehari Rp 100 juta. Setiap ngisi acara di satu tempat dia dapat Rp 30 Juta. Tiga tempat bisa Rp100 Juta,” bebernya menirukan jawaban anak-anak tersebut. Menggantungkan harapan menjadi orang kaya semata, akan membahayakan pola pikir mereka selanjutnya.

Derasnya informasi tanpa diimbangi pendidikan, membuat mereka hanya mengerti hal-hal seputar kegiatan konsumtif.

“Saya pernah tanya pada mereka, tahu nggak ada ITB (Institut Teknologi Bandung)? Mereka nggak tahu. Mereka tahunya cuma ITC (International Trade Center) karena di seberang rumah mereka ada ITC. Sedangkan mereka banyak ditolak sekolah umum karena kemiskinan mereka,” kata pria kelahiran Makassar 1965 itu.

Tebaran fakta semacam itu menurut Maman, bisa dijadikan penyemangat umat Islam untuk bangkit dan giat menyuarakan kebenaran. (hidayatullah.com), salam-online

Baca Juga