Sekelompok Orang Berusaha Menghancurkan Mushalla di Bekasi

Mushalla dibongkar di bekasi-1-ilustrasi-jpeg.image
Ilustrasi

BEKASI (SALAM-ONLINE): Warga Kampung Al-Muhajirin (Kampung Bedeng) mempertahankan mushalla Babul Jannah dari upaya pembongkaran paksa pihak-pihak tertentu pada Ahad (22/6).

Ketua Lingkungan Kampung Al-Muhajirin, Suwandi (44 tahun), menyatakan pada Ahad (22/6) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, lebih dari 20 orang datang dengan mobil pick-up dan langsung membongkar mushalla Babul Jannah.

“Saat mushalla mulai dibongkar, warga belum ada reaksi apa-apa. Lalu saat ditegur warga, ternyata mereka sudah tidak nganggap lagi. Akhirnya warga ngumpul semua dan terjadi kontak fisik, saling dorong tetapi tidak sampai memukul,” tutur Suwandi kepada Republika Online (ROL), Selasa (24/6).

Kampung Al-Muhajirin terletak di Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Akibat upaya pembongkaran paksa, mushalla Babul Jannah, ujar Suwandi, saat ini rusak.

Kaca nako, satu kusen dan dua daun pintu utama mushalla berhasil dibongkar. Perlengkapan dua speaker corong mushalla pun dibongkar dan mereka ambil. “Oleh warga, kaca nako hasil pembongkaran, ditaruh di gudang dalam masjid,” jelas Suwandi.

Baca Juga

Menurut Suwandi, ada tiga kubu yang pada Ahad pagi datang ke kampung Al-Muhajirin. “Kubu pertama berasal dari lembaga Jawara Lima, saya kenal salah satu dari mereka,” ujar Suwandi.

“Orang yang saya kenal dan memakai seragam FBR itu, saat ditanya mengaku sebagai pekerja Pak Halim dan hanya bertugas mengawal pembongkaran Mushalla. Mereka tidak ikut membongkar, hanya diam saja,” jelas Suwandi. Ketika ditanya lagi, papar Suwandi, orang itu mengaku hanya melaksanakan tugas dan bekerja saja, tidak terkait dengan sengketa tanah.

Kubu kedua tidak jelas asal usulnya, Suwandi mengaku warga dan dirinya tidak mengenal satu pun dari kubu kedua itu. “Kubu kedua ini menyemangati para pekerja yang sedang membongkar mushalla. Mereka mengancam kalau pembongkaran tidak kelar, mushalla dan kampung akan dibakar,” papar Suwandi. (RoL)

salam-online

Baca Juga