Bonek dan Viking pun #Sinergi Bantu Palestina

Bandung-Bonek dan Viking pun sinergi bantu palestina-jpeg.imageBANDUNG (SALAM-ONLINE): Bonek Bandung dan Viking, komunitas suporter fanatik klub Persebaya, Surabaya dan Persib Bandung, tersentuh dengan derita rakyat Gaza yang tengah dibombardir serdadu Zionis laknatullah. Beraksi nyata, digagaslah solidaritas di antara mereka dalam bentuk pengumpulan dana, untuk disumbangkan ke palestina. Dititipkan melalui lembaga kemanusiaan Sinergi Foundation, Bonek dan Viking Pun #SinergiBantuPalestina.

Jika selama ini stigma negative kerap muncul ketika mendengar nama Bonek dan Viking, Jum’at (18/7) siang, anggapan itu luntur seketika. Suporter bola tidak tuli, tidak menutup mata ataupun menutup hati mereka. Tidak. Lihat apa yang dilakukan Bonek Bandung dan Viking Dago. Jum’at (18/7), mereka menyambangi kantor Dompet Dhuafa Jabar- Sinergi Foundation di bilangan Pasir Kaliki, Bandung, untuk menitipkan amanah berupa donasi sejumlah Rp 1.005.000, yang telah mereka kumpulkan untuk disalurkan ke Palestina via program #SinergiBantuPalestina.

“Sekalipun kami ini suporter yang dilabeli ‘buruk’ oleh sebagian masyarakat, kami juga punya jiwa kemanusiaan,” papar Muhammad Abdul Gafar, Koordinator Lapangan Bonek Bandung kepada Alhikmah sesaat setelah menyerahkan donasinya.

Donasi Bonek perwakilan Bandung dan Viking Dago itu tentu tak turun dari langit begitu saja. Mereka turun ke jalan, menyusuri trotoar, mulai dari Simpang Dago hingga Gasibu. “Meski saat pengumpulan dana, cuaca Bandung panas, tapi apalah arti sengat terik matahari,  dibandingkan derita warga Palestina yang bisa kapan saja dibombardir Zionis?” tambah Muhammad Abdul Gafar.

Inilah kenyataannya. Label anarkis atau rusuh yang tersemat di suporter bola nyatanya tak sepenuhnya benar jika melihat apa yang dilakukan suporter berkaos hijau dan biru itu. Begitu pula di belahan Nusantara lainnya, tentu tak sedikit suporter yang melakukan hal serupa sepreti Bonek Bandung dan Viking Dago.

Rizki Zulhelmi, akrab disapa Eki, anggota Bonek Bandung yang juga ikut serta saat menyerahkan donasi berharap, “Semoga donasi ini bermanfaat bagi warga Palestina walaupun jumlahnya tidak seberapa. Ke depannya saya mengimbau rekan-rekan suporter lain untuk turut serta berpartisipasi menyalurkan kepeduliannya untuk Palestina.”

#Sinergi Bantu Palestina

Di pengujung Ramadhan yang Agung, ketika kita sedang khusyuk menikmati ibadah shaum, ada tragedi kemanusiaan di Gaza. Lihatlah di sana, saudara seiman yang adalah separuh dari tubuh kita, terus dibombardir secara membabibuta oleh Zionis penjajah laknatullah. Senapan serbu dan bom-bom serdadu Zionis menggempur Gaza, Palestina. Saat tulisan ini dibuat, tiga ratusan korban sudah berjatuhan.

Baca Juga

Dan, bukankah Rasulullah bersabda, “Orang-orang Mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya),” (HR Muslim).

Seperti dipaparkan dalam hadist di atas, bukankah sesame Muslim itu bersaudara? Derita muslim Gaza, sembilu di tubuh kita. Ayo #Sinergi Bantu Palestina!

Transfer Donasi melalui BCA Syariah, No Rek: 0356 800 800, Atas Nama Sinergi Foundation

(kodebank 536 untuk transfer antar rekening).

www.sinergifoundation.org (ahmadfauzi/alhikmah.co)

salam-online

Baca Juga