KNRP Serahkan Bantuan Rp 4,5 Miliar untuk Gaza-Palestina

KNRP serahkan 4,5 miliar rupiah untuk gaza-palestina-jpeg.imageISTANBUL (SALAM-ONLINE): Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dan Adara International Relief mengawali pemberian bantuan kemanusiaan untuk Gaza-Palestina melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al-Quds dan Palestina di Istanbul Turki, Ahad (20/7) lalu.

Bantuan donasi dari rakyat Indonesia untuk Jalur Gaza senilai 4,5 Miliar rupiah dan bantuan dari masyarakat Indo‎nesia di Qatar yang juga sekaligus diserahkan sejumlah 21.000 Euro ini diserahkan langsung Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat dan Wakil Ketua Adara Relief Foundation Nurjanah Hulwani kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al-Quds dan Palestina Usamah Owni di kantornya di Istanbul, Turki.

Wakil Ketua Adara Relief Foundation memberikan bantuan donasi juga untuk rakyat Gaza- Palestina secara simbolis kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al- Quds dan Palestina Usamah Owni di Istanbul Turki, Ahad (20/7)

Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi, dan relawan KNRP Jawa Timur Muhammad Shaleh Drehem.

Dalam kesempatan tersebut, Caca menjelaskan, ini adalah bentuk gerak cepat KNRP dalam rangka pemberian bantuan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza yang mengalami tragedi kemanusiaan, “Tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza sangat kritis, dan membutuhkan bantuan kemanusiaan seperti obat-obatan, peralatan medis, makanan, dalam waktu yang sangat cepat,” jelasnya.

Pada tahap awal ini KNRP memberikan bantuan untuk Gaza melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al-Quds dan Palestina di Turki, karena saat ini pintu masuk satu-satunya ke Jalur Gaza, pintu Rafah, masih ditutup oleh Pemerintah Mesir. “Setelah ini, KNRP dan beberapa Lembaga Kemanusiaan lainnya akan langsung menuju Jalur Gaza, insya Allah awal Agustus atau setelah Idul Fitri dalam pemberian donasi berikutnya, urusan administrasi sedang dalam proses melalui koordinasi dengan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI,” ujar Caca.

Baca Juga

Sementara itu, Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi menjelaskan bahwa Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina yang berkantor pusat di Istanbul Turki ini adalah konsorsium LSM Kemanusiaan yang konsen memberikan bantuan moril dan meteriil untuk Palestina dan Jalur Gaza.

“Aliansi ini memiliki jaringan yang luas dengan lembaga-lembaga kemanusiaan yang bekerja untuk Palestina, seperti Miles for Smile Eropa yang telah 28 kali mengirimkan bantuan ke Gaza dan kini sudah siap membawa bantuan ke Gaza, Ikatan Dokter Arab, lembaga-lembaga amal lainnya di Turki, Mesir, Sudan, Tunisia, Aljazair, Malaysia, Indonesia dan beberapa negara lainnya,” terangnya.

“Selain itu, Aliansi telah menjalin kerjasama dengan beberapa LSM di Gaza untuk penyaluran bantuan bagi rakyat Gaza,” imbuhnya.

Sebagian pimpinan dan pengurus dari Aliansi Internasional ini, lanjut Heri, adalah orang Palestina yang berasal dari Gaza sehingga memiliki jalur bantuan kemanusiaan ke Gaza. “Telah beberapa kali Aliansi ini juga menjalankan program kemanusiaan dan kampanye untuk Gaza dan Palestina, Syaddur rihal, Konferensi-konferensi tentang Gaza dan Palestina,” ungkapnya. (knrp.org)

salam-online

Baca Juga