Lebih Tiga Juta Orang Mengungsi, Suriah Alami Darurat Kemanusiaan Terbesar

Suriah-Lebih dari satu juta rakyat Suriah berlindung ke Lebanon-jpeg.image
Lebih dari satu juta rakyat Suriah lari ke Lebanon

SALAM-ONLINE: Lebih dari tiga juta orang warga Suriah kini terdaftar sebagai pengungsi. Menurut badan pengungsi PBB, UNHCR, seperti dilansir BBC, Jumat (29/8), krisis ini terus memburuk.

UNHCR mengatakan Suriah kini mengalami darurat kemanusiaan terbesar di era ini, dimana hampir separuh rakyat terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Mayoritas pengungsi melarikan diri ke negara-negara tetangga Suriah, dengan 1,14 juta orang kini berlindung di Lebanon.

Lebih dari 190.000 orang terbunuh dalam perang sipil Suriah selama lebih dari tiga tahun. Jumlah sebesar ini termasuk sebagian besar korban pembantaian yang dilakukan oleh rezim Asad terhadap rakyat Suriah.

Baca Juga

Kelompok-kelompok pejuang Islam di Suriah berperang melawan pasukan yang setia kepada rezim Basyar al-Asad sejak terjadi pembangkangan pada kekuasaannya, Maret 2011.

UNHCR mengatakan satu dari setiap delapan orang Suriah melarikan diri dengan melintasi perbatasan dan selebihnya yaitu sebanyak 6,5 juta orang terlantar di Suriah. Lebih dari setengahnya adalah anak-anak.

Sejumlah keluarga yang tiba di kamp-kamp pengungsi, berada dalam keadaan lelah dan ketakutan. Mereka menghabiskan sekitar satu tahun atau lebih untuk melarikan diri dari satu desa ke desa lainnya dalam wilayah Suriah. (BBC)

salam-online

Baca Juga