Pasca Kecelakaan Helikopter yang Tewaskan Presiden Raisi, Iran Akan Gelar Pilpres 28 Juni

Presiden Ebrahim Raisi (kiri atas), Menlu Hossein Amir Abdollahian (kanan atas), perwakilan pemimpin revolusi untuk provinsi Azerbaijan timur Ayatollah Mohammad Ali Ale-Hashem (kiri bawah), Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Iran Malek Rahmati (kanan bawah), tewas dalam kecelakaan helikopter, Minggu (19/5/2024). (Foto: AFP)

SALAM-ONLINE.COM: Iran akan menggelar pemilihan presiden (Pilpres) pada 28 Juni 2024 mendatang setelah kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan pejabat tinggi lainnya pada Ahad (19/5/2024).

Menurut kantor berita pemerintah, IRNA, pengumuman tanggal pemilihan presiden ke-14 di negara itu terjadi setelah pertemuan antara pimpinan yudikatif, eksekutif dan legislatif.

Pendaftaran kandidat akan dimulai pada 30 Mei, kata laporan yang dilansir Daily Sabah, Senin (20/5). Kampanye akan berlangsung pada 12-27 Juni.

Seperti diberitakan, Raisi sedang kembali dari upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran-Azerbaijan pada hari Minggu ketika kecelakaan itu terjadi.

Selain Menlu Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, Malik Rahmeti dan Imam Ayatollah Ali Hashim dari provinsi Tabriz juga tewas.

Baca Juga

Helikopter yang ditumpangi Raisi jatuh di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan dan Iran. Laporan sejumlah media menyebutkan, helikopter itu menampung sembilan orang saat kejadian. Raisi terbang dengan helikopter tersebut untuk meresmikan bendungan baru hasil kerja sama iran dan Azerbaijan.

Mohammad Mokhber, wakil presiden I Iran, ditunjuk sebagai penjabat presiden pada Senin (20/5) setelah kematian Raisi.

Pemakaman Raisi pada hari Selasa

Menurut media setempat, prosesi pemakaman Raisi dan Amirabdollahian akan diadakan di kota Tabriz di barat laut pada Selasa (21/5).

Sementara Kantor berita IRNA melaporkan, semua pejabat yang tewas dalam kecelakaan helikopter hari Minggu itu akan dimakamkan di Qom, Iran tengah. (S)

Baca Juga