Jelang Perayaan HUT RI ke-79, Santri Pondok Ngruki Bersih-bersih Desa

SALAM-ONLINE.COM: Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI pada Jumat, 16 Agustus 2024 mulai pukul 06.00 pagi santri Pondok Al Mukmin Ngruki yang berjumlah kurang lebih 1.200 orang turut menyemarakkan peringatan HUT RI ke-79.

Humas Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Aziz Ikhwani mengatakan, kegiatan yang akan digelar adalah bersih-bersih desa Cemani. Santri putra melakukan jalan sehat mengelilingi desa cemani sembari memunguti sampah di sepanjang jalan yang dilalui.

“Santri melewati jalan ke Masjid Al-Huda Ngruki, dilanjut ke Masjid An Nahl. Sampai diperempatan Masjid An Nahl santri dibagi tiga kelompok. Kelompok yang melewati jalan Pakis, santri yang melalui Jalan Kademangan 1, dan santri yang melewati jalan Kademangan 2. Finish di Cemani Park,” terang Aziz Ikhwani.

Sementara di tempat lain, kata Aziz, santri putri membersihkan area komplek asrama putri dan dilanjutkan dengan kegiatan lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Panitia.

Baca Juga

Menurut Ketua Panitia Ust Ageng Bagus Kegiatan ini dirasa sangat positif. Tujuannya agar santri memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, menjalin kekompakan serta tetap nenjaga kebugaran.

“Sampah dimasukan ke kantong plastik, sesampainya di Cemani Park sampah diangkut oleh mobil pondok untuk dibuang di tempat pembuangan sampah. Semoga seluruh santri di Indonesia khususnya dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan nilai-nilai yang positif,” harap Ust Ageng Bagus. (S)

Baca Juga