Hamas Konfirmasi Syahidnya Yahya Sinwar

As-Syahid Yahya Ibrahim Hassan Sinwar

SALAM-ONLINE.COM: Kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, Hamas, pada Jum’at (18/10/2024) mengonfirmasi gugur syahidnya (insya Allah) Yahya Ibrahim Hassan Sinwar (Yahya Sinwar), Kepala Biro Politik gerakan perlawanan tersebut, dalam serangan udara Zionis penjajah di Gaza, Rabu, 16 Oktober 2024.

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi, seperti dilansir Aljazeera, Jum’at (18/10), pejabat Hamas di Gaza, Khalil al-Hayya, menggambarkan Sinwar yang juga arsitek Operasi Badai Al-Aqsha pada 7 Oktober 2023 sebagai sosok pahlawan yang “tabah dan pemberani” menghadapi pasukan penjajah Zionis hingga nafas terakhirnya.

“Dia mengorbankan nyawanya untuk pembebasan Palestina melawan (musuh), dengan berani, dengan kepala tegak sambil memegang senjatanya, menembak hingga nafas penghabisan yang jadi momen terakhir dalam hidupnya,” kata Hayya seraya menambahkan bahwa Hamas “menghormati dan mengenang Yahya Sinwar sebagai Syuhada” yang gugur demi memperjuangkan pembebasan Palestina.

Baca Juga

Ia juga menekankan bahwa sandera atas Zionis tidak akan dibebaskan sampai agresi “Israel” di Gaza benar-benar berhenti, tahanan Palestina dibebaskan, dan pasukan penjajah benar-benar ditarik dari Jalur Gaza.

Hamas, melalui Hayya, menegaskan kembali komitmennya untuk melanjutkan perjuangan hingga berdirinya negara Palestina dengan Yerusalem (Baitul Maqdis) sebagai ibu kotanya. (S)

Baca Juga