Catatan Imam Shamsi Ali*
SALAM-ONLINE.COM: Senin, 9 Januari 2023, dilaksanakan acara Dialog Kepemimpinan bersama Dato’ Dr Anwar Ibrahim, yang baru saja terpilih dan dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia. Acara ini dilaksanakan oleh CT (Chairul Tanjung) Corp Leadership Forum. Dan saya termasuk yang mendapat undangan untuk hadir. Walau tidak sempat karena jauh di New York, Saya mengikuti dari dekat (secara virtual).
Acara itu sangat prestisius (terhormat) dan luar biasa. Karena dihadiri oleh begitu banyak tokoh-tokoh nasional. Termasuk menteri dan mantan menteri, Pimpinan lembaga tinggi negara, petinggi partai, Ulama dan Pimpinan organisasi massa lainnya.
Namun yang terpenting dari semua itu adalah sosok Anwar Ibrahim itu sendiri yang luar biasa. Kalau sekiranya saya ingin memberikan deskripsi tentang beliau dalam satu kata, mungkin yang tepat adalah “perfect”. Tentunya sempurna yang dimaksud ada pada relevansinya sebagai manusia yang juga pastinya tidak lepas dari konotasi relativitas.
Anwar Ibrahim sejak semasa mahasiswa telah menampilkan diri sebagai mahasiswa yang aktivis, cerdas dan luas dalam permikiran dan pergaulan. Kecerdasan dan keluasan berpikir Anwar didukung oleh keluaasan referensi, selain tentunya pengalaman yang luar biasa.
Anwar Ibrahim dapat dikategorikan ilmuwan yang politisi dan politisi yang ilmuwan. Tapi pada kedua sisi itu (ilmuwan dan politisi) Anwar Ibrahim sangat solid dalam wawasan dan komitmen keagamaan. Yang pada akhirnya menjadi sosok politisi yang religius dan cendekiawan.
Sosok Anwar Ibrahim memang exceptional (Istimewa). Perjalanan politiknya yang penjang telah mengantarkannya kepada pengalaman hidup yang lengkap. Pernah merasakan kejayaaan dengan posisi-posisi prestisius di pemerintahan (Menteri dan Wakil Perdana Menteri). Tapi juga pernah tercampakan ke dalam pengalaman pahit, dipenjara sekitar 10 tahunan. Bukan sekadar penjara. Tapi upaya pembunuhan Karakter (character assassination) dengan fitnah kejam yang dahsyat.
Tapi seperti yang disampaikan dalam pidatonya itu Anwar Ibrahim adalah sosok yang berkepribadian kuat. Dan yang lebih penting adalah beliau selalu memiliki pandangan optimisme di tengah guncangan gelombang kehidupan yang tidak bersahabat.
Memaknai Kepemimpinan
Satu hal yang perlu digarisbawahi juga adalah ketulusan Anwar Ibrahim dalam menyikapi perasaan kedekatan secara pribadi dengan Indonesia. Berkali-kali Anwar menyebutkan bahwa beliau “is deeply sentimental” (terikat secara emosi) dengan Indonesia.
Lebih dari itu beliau menyampaikan bahwa dengan segala kekurangan dan ketidaksempurnaan Indonesia, bahkan mengutip pernyataan Taufiq Ismail “saya malu jadi orang Indonesia”, beliau tetap bangga dengan Indonesia. Bahwa Indonesia telah melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Soekarno (nasionalis), Hamka (Islam), bahkan siapa yang beliau sebut sebagai golongan kiri (Soedjatmiko).
Saya tidak ingin menyebutkan semua poin-poin penting yang Anwar sampaikan dalam presentasinya yang tidak memakai bahan tertulis seperti kebiasaan para pejabat negara lainnya. Beliau berbicara dari hati dan kepala dengan penguasaan materi dan komunikasi yang dahsyat.
Penguasaan Anwar dengan ragam subjek itu terlihat misalnya ketika menyinggung Urgensi “critical thinking” para ulama/cendekiawan masa lalu. Salah satunya adalah perdebatan intelektual antara Imam Al-Ghazali dan Ibnu Rusydi. Belum lagi penguasaan teks-teks keagamaan, baik Al-Quran, hadits, bahkan sejarah Islam.
Saya ingin membatasi diri pada tiga catatan penting dari berbagai hal yang beliau sampaikan dalam pemaparan itu.
Pertama, isu kepemimpinan dan demokrasi.
Satu catatan penting yang saya simpulkan dari paparan beliau adalah bahwa seringkali demokrasi hanya disikapi pada prosesnya. Banyak orang merasa berdemokrasi karena proses pemilu yang telah selesai dilaksanakan (pilihan raya misalnya). Tapi banyak yang lupa bahwa kesuksesan demokrasi tidak sekadar pada prosesnya.
Demokrasi harus juga dilihat pada etika dari pelaksanaannya. Jika proses itu penuh dengan rekayasa dan ketidakjujuran maka demokrasi itu adalah demokrasi yang cacat. Demokrasi yang tidak perlu dibanggakan.
Tapi tidak kalah pentingnya adalah kesadaran bahwa demokrasi itu hanya akan valid dan bermakna ketika terbangun sebuah tanggung jawab (responsibility). Tanggung jawab ini tidak saja kepada rakyat. Tapi juga kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di akhirat kelak.
Kedua, Urgensi ilmu dalam kepemimpinan.
Beliau menekankan bahwa ilmu menjadi sangat penting dalam membangun kepemimpinan yang baik. Beliau memaparkan secara panjang urgensi ilmu bahkan dalam kehidupan keumatan dan berbangsa. Ilmu menjadi pilar kebangkitan bangsa dan Umat.
Tapi ada dua hal penting dari aspek keilmuan ini yang beliau garis bawahi:
Satu, selain soliditas dalam ilmu-ilmu keagamaan secara tekstual dan tradisional, Umat ini perlu membangun “critical mind” (berpikiran kritis). Menurut beliau, salah satu hal yang mengantar kepada perilaku ekstrem adalah kurangnya critical mind dalam menerima informasi-informasi keilmuan.
Dua, bahwa ilmu dan spesialisasi (keahlian) tidak akan bernilai (valuable) jika tidak dibarengi oleh nilai-nilai insaniyah (humanity). Jangan sampai kemajuan ilmu menjadikan manusia kehilangan nurani dan kemanusiaannya.
Ketiga, Urgensi aktualisasi keadilan sosial.
Latar belakang Anwar Ibrahim sebagai aktivis menjadikan beliau sebagai “social justice icon”. Dari awal hingga akhir pemaparan beliau isu social justice seolah menjadi poin terpenting dari pemaparan itu.
Yang menarik adalah ketika menyebutkan makna “ukhuwah” dalam konteks kebangsaan. Beliau menekankan bahwa secara agama Umat Islam itu bersaudara: “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.” Tapi di luar ikatan keagamaan itu juga ada persaudaraan “ukhuwah insaniyah” (Saudara semanusia).
Selain itu Anwar Ibrahim menekankan bahwa beliau bukan anti modal (kapital). Tapi kapitalisme bukan solusi. Justru perlu “middle path” (jalan tengah) dalam menyelesaikan perekonomian dunia. Kemajuan perekonomian tidak bisa dipisahkan dari konsep “social justice” (keadilan sosial). Beliau mencontohkan betapa banyak rakyat kecil Malaysia yang masih susah. Bahkan lebih susah dan menderita dari apa yang beliau rasakan ketika berada di dalam penjara.
Mungkin hal lain cukup menusuk dari penyampaian Anwar Ibrahim adalah ketika menyentuh isu korupsi. Menurutnya, korupsi tidak mudah diberantas karena Sudah bersifat “sistemik”. Korupsi menjadi perilaku yang seolah telah menjadi bagian dari sistem yang ada. Upaya memberantasnya sangat tidak mudah. Karena memang kerap berhadapan dengan kekuasaan.
Seraya bercanda beliau mengatakan: “Itulah sebenarnya yang telah terjadi pada dirinya.”
Demikian catatan-catatan penting dari pemaparan dahsyat dan bermutu dari Seri Dato’ Dr Anwar Ibrahim. Semoga jadi pelajaran yang baik untuk bangsa Indonesia. Khususnya mereka yang sedang mendapat cobaan amanah kekuasaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin!
Manhattan City, 9 Januari 2023
*Presiden Nusantara Foundation